Contoh Usaha Kecil Menengah Untuk Para Wirausaha

Contoh Usaha Kecil Menengah Untuk Para Wirausaha

Usaha kecil menengah merupakan jenis usaha yang memiliki pemasukan paling banyak Rp 200 juta dengan jumlah pekerja kurang dari 20 orang. Bisnis ini merupakan langkah awal yang biasanya dilakukan oleh para wirausaha sehingga menjadi perusahaan yang cukup besar. Hal itu dibuktikan oleh beberapa pengusaha sukses, contohnya Hartono bersaudara yang kini memiliki kekayaan mencapai USD 38,8 miliar.

Bisnis merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan serta untuk mencapai financial freedom. Sebagai seorang wirausaha yang memiliki ide inovatif serta semangat pantang menyerah, berbisnis menjadi tantangan yang mesti ditaklukkan. Biasanya sebagian mereka memiliki pemikiran bahwa seharusnya seorang pebisnis harus memulai dari awal yakni dengan membangun usaha kecil terlebih dahulu.

Contoh Usaha Kecil Menengah Untuk Wirausaha

Melihat peluang penghasilan yang menggiurkan menjadikan banyak orang berbondong-bondong untuk terjun ke sektor bisnis. Rerata dari mereka membangun bisnis dari nol atau yang sering disebut sebagai UKM. Berikut ini langkah awal menuju sektor bisnis.

Pengertian UKM

Usaha kecil menengah adalah usaha kecil yang didirikan namun tidak berada dalam naungan perusahaan besar atau yang sering diistilahkan sebagai anak perusahaan. Kegiatan ekonomi ini menurut Keputusan Presiden RI No 99 Tahun 1998 diartikan sebagai kegiatan ekonomi rakyat berskala kecil dengan kegiatan usaha yang masih kecil dan perlu perlindungan untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat. Kegiatan ini dilakukan oleh kurang dari 20 orang serta pencapaian pendapatan masih dibawah Rp 200 juta.

Kuliner

Salah satu bidang yang paling relevan dicoba adalah usaha kuliner. Usaha ini merupakan primadona yang paling banyak dilakukan oleh para wirausaha. Suatu hal yang wajar karena setiap orang perlu untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

Baca Juga:  Ternak Bebek Petelur Usaha Rumahan, Ide Bisnis yang Patut Dicoba

Usaha ini bisa berupa kedai, restoran, coffe shop atau warung makanan ringan. Dewasa ini orang-orang tidak lagi mencukupi kebutuhan pokok hidupnya dengan hanya sekedar makan. Namun juga melihat sisi tren dan gaya hidup kebanyakan orang.

Do It Yourself

Kegiatan usaha ini yakni memproduksi suatu barang yang kebanyakan orang mampu membuatnya tapi tidak semua orang memiliki waktu untuk mengerjakannya. Kreasi ini bisa berupa lukisan scrapbook dan sebagainya. Biasanya pesanan untuk produk ini yakni digunakan sebagai hadiah atau kenang-kenangan.

Usaha kecil menengah ini cukup menjanjikan karena bahan baku yang digunakan untuk membuat krasi ini cenderung mudah didapatkan. Selain itu terkadang harganya pun cukup terjangkau sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan. Namun yang perlu kamu siapkan adalah jiwa inovasi dan kreativitasmu sebab pada produk ini yang mahal bukan bahan bakunya namun kreasi dalam membuatnya.

Usaha Tanaman

Jenis tanaman ada banyak mulai dari bahan bumbu dapur hingga tanaman hias dan juga bonsai. Tren masyarakat terhadap tanaman hias dan juga bonsai sudah cukup menjamur. Usaha ini tentu menjadi peluang yang sangat menjanjikan bagi para praktisi.

Tanaman yang bisa dibudidayakan antara lain tanaman hias, bibit bonsai, bibit buah untuk tabulampot dan masih banyak lagi. Tanaman hias antara lain anggrek, kaktus dan sebagainya. Banyak dari hobbies yang memulai membangun bonsainya mulai dari nol atau dari bibit. Menyediakan bibit bonsai tentu akan menjadikan peluang bisnis tersendiri.

Perikanan

Kebutuhan akan ikan konsumsi serta ikan untuk pancingan menjadikan perikanan sebagai unit usaha yang cukup prospek. Contoh jenis ikan yang bisa dibudidayakan antara lain lele, gurame, nila, dan lain-lain. Usaha kecil menengah ini sangat sesuai dikelola pada daerah yang memiliki air berlimpah.

Baca Juga:  Usaha Makanan dengan Modal Kecil yang Mudah Dilakukan