Cara Investasi Property, Pemula Wajib Pahami 6 Hal Ini!

Cara Investasi Property, Pemula Wajib Pahami 6 Hal Ini!

Cara investasi property perlu mempertimbangkan beberapa hal penting. Investasi properti merupakan pembelian properti atau real estate yang bertujuan untuk mendapat keuntungan, baik melalui kegiatan usaha penyewaan, penjualan kembali properti di masa depan, atau keduanya. Sehingga property tidak hanya dibeli sebagai tempat tinggal pembelinya.

Investasi ini termasuk salah satu jenis investasi yang menjanjikan keuntungan besar. Terlihat dari harga properti yang semakin meningkat setiap tahun. Bagi Anda yang memiliki dana tidak terpakai, kini bisa segera investasi properti sejak dini.

Semakin menunda, justru harga properti akan semakin mahal. Hingga akhirnya sulit mengejar kenaikan tersebut dan membuat Anda kehilangan kesempatan investasi properti.

Inilah Cara Investasi Property yang Perlu Pemula Pahami

Seperti diketahui bahwa investasi properti masih menjadi pilihan bagi banyak investor. Hal ini mengingat, adanya potensi keuntungan yang besar jika melakukan investasi properti. Selain itu, investasi ini juga terbilang minim risiko. Sebab, harga properti masih stabil dan cenderung meningkat di setiap tahunnya.

Investasi ini tak terbatas pada orang tua saja, namun properti juga cocok menjadi pilihan investasi bagi anak muda seperti mahasiswa. Meski tampak menjanjikan, namun pemula tetap perlu berhati-hati dan tidak terburu-buru saat melangkah. Untuk itu, pemula perlu coba terapkan cara investasi properti berikut ini.

Pilih Lokasi yang Strategis

Properti biasanya tersedia dalam berbagai tipe. Untuk itu, Anda perlu tentukan tipe yang diinginkan mulai dari rumah, apartemen, ruko, atau lahan kosong. Sebab, setiap tipe properti terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebaiknya Anda perlu sesuaikan dengan kebutuhan jangka panjang agar tidak salah saat memilih.

Faktor penting yang perlu diperhatikan lainnya proses pembelian properti tidaklah mudah. Oleh karena itu, akan lebih baik pilih lokasi strategis dan mudah dijangkau. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap nilai jual property kelak.

Baca Juga:  Kelebihan Investasi Properti sebagai Instrumen Investasi Menguntungkan!

Riset Harga Pasar

Cara investasi property selanjutnya yakni melakukan riset harga pasar. Dengan melakukan riset harga pasar bisa membantu mengetahui harga pasaran dari aset properti yang Anda inginkan. Anda akan mendapatkan harga terbaik dan juga keuntungan maksimal selama berinvestasi.

Pilih Pengembang Terpercaya

Selain mempertimbangkan harga pasar, Anda juga perlu memilih pengembang terpercaya dengan performa yang baik. Saat memilih pengembang dengan memastikan pengalaman minimal 5 tahun dalam bidang properti. Tak hanya itu, perhatikan juga fasilitas yang ditawarkan sudah memadai serta sesuai dengan harganya.

Siapkan Modal

Cara investasi property juga perlu dengan menyiapkan modal cukup untuk melakukan pembelian satu unit properti. Bukan hanya biaya pokoknya saja, namun biasanya juga ada biaya lain yang perlu diperhitungkan.

Adapun biaya lainnya seperti uang muka (DP), booking fee, dan biaya cicilan per bulan untuk metode pembayaran secara KPR. Mengingat nominalnya yang tidak sedikit, sehingga perlu menabung dari sekarang sehingga keinginan memiliki rumah bisa tercapai.

Pengajuan Persetujuan KPR

Anda juga bisa mengajukan persetujuan KPR agar mendapatkan keringanan pembayaran. Selain itu, KPR juga bisa meningkatkan kepercayaan vendor atas niat investasi Anda. Bahkan juga meminimalisir kegagalan selama transaksi jual beli rumah.

Pilih Tenor yang Sesuai

Tips penting selanjutnya yakni dengan memilih tenor secara matang dan sesuai kemampuan finansial Anda. Secara umum, KPR menawarkan tenor berkisar 5 hingga 10 tahun. Pastikan juga kelengkapan surat pembelian tanah yang sah serta tidak ada keterlambatan.

Berbagai cara investasi property yang patut untuk Anda ketahui. Investasi properti bukan hal mustahil meski memiliki pendapatan pas-pasan. Saat ini siapapun bisa berkesempatan investasi properti tanpa modal atau modal kecil.

Baca Juga:  Jenis Investasi yang Menguntungkan dan Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *