Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Strategi digital marketing mengacu kepada cara memasarkan suatu produk melalui media digital atau internet. Cara ini menjadi pilihan promosi untuk mendongkrak penjualan produk. Hal ini karena perkembangan teknologi yang mengarahkan tren bisnis menggunakan media digital.

Marketing merupakan salah satu proses penting dalam dunia usaha terlebih dalam skala perusahaan besar. Lancar atau tidaknya pemasaran produk akan berpengaruh terhadap proses yang lain. Jika penjualan produk tidak berjalan lancar maka akan berdampak pada proses produksi yang harus diperlambat.

Meningkatkan Penjualan Produk dengan Strategi Digital Marketing

Sebagaimana halnya dengan marketing secara offline, digital marketing juga harus menggunakan strategi agar tujuan bisa tercapai. Sebab media yang digunakan berbeda tentu susunan strategi juga berbeda. Berikut ini runtutan cara dalam digital marketing.

Keuntungan Menggunakan Digital Marketing

Salah satu keuntungan menggunakan metode pemasaran ini adalah memiliki jangkauan luas serta penyebaran yang cepat. Cara pemasaran ini tidak dibatasi oleh jangkauan geografis sehingga kamu bisa menawarkan produk dengan cepat hanya dengan beberapa langkah mudah menggunakan internet. Selain itu promosimu bahkan bisa menyebar hanya dalam hitungan detik serta dapat dilihat secara realtime.

Cara ini sangat murah dan lebih efektif. Hal itu sebagaimana disebutkan oleh Gartner’s Digital Marketing Spend Report bahwa biaya anggaran promosi dapat ditekan hingga 40 %. Menariknya lagi dengan menggunakan metode ini kamu bisa langsung mengetahui berapa kali produk kamu ditonton sehingga bisa menjadi bahan untuk evaluasi.

Cara Memulai Digital Marketing

Konsep dasar dari strategi digital marketing adalah melakukan pemasaran menggunakan media digital sehingga membuat calon customer tertarik. Langkah awal untuk memulai memasarkan dengan media digital adalah menyiapkan media atau alat untuk melakukan promosi. Alat yang biasa digunakan antara lain website, blog, serta sosial media. Selain itu kamu perlu membuat akun dengan profil bisnis yang bagus sebab hal itu akan berpengaruh terhadap citra brand.

Tentukan tujuan market kamu sebab hal itu akan menjadi acuan dalam pembuatan konten promosi. Lantas buatlah konten semenarik mungkin serta shareable. Perhatikan mana akun atau media sosial yang memberikan feedback positif, sebisa mungkin fokuskan kepada aset tersebut.

Baca Juga:  Usaha Ikan Hias 2022, Peluang Bisnis Menjanjikan di Masa Pandemi

Menerapkan SEO

Strategi digital marketing berupa Search Engine Optimization dilakukan untuk membuat akun promosimu berada pada posisi pertama dalam mesin pencarian. Ini berguna untuk mengarahkan lalu lintas pencarian agar menuju ke akun yang kamu miliki. Sehingga peluang akun kamu untuk dikunjungi lebih optimal sesuai dengan pola dasar SEO.

Dengan menggunakan mesin optimalisasi pencarian ini memungkinkan posisi akunmu berada paling atas. Google menggunakan algoritma, frasa dan kata kunci untuk menentukan sebuah situs pada peringkat pertama. Oleh karena itu kamu perlu memahami konsep dari SEO sehingga bisa lebih menghemat biaya.

Menggunakan Pay-Per-Click Advertising

Model promosi ini yakni pengiklan menggunakan biaya setiap iklan diklik. Sistem ini bertujuan untuk menjangkau target pasar lebih banyak. Hal ini terjadi karena pada pencarian google akan muncul iklan dari website kamu.

Menggunakan Media Sosial

Media sosial merupakan platform yang sangat efektif untuk terhubung dan menjangkau konsumen atau target market. Pelanggan yang memiliki pengalaman positif terhadap suatu produk ternyata 71% dari mereka cenderung akan merekomendasikan kepada teman dan keluarga. Hal itu membuktikan bahwa media sosial merupakan sarana promosi digital yang tidak bisa diremehkan.

Metode ini tidak hanya dilakukan dengan memposting produk namun juga melakukan beberapa langkah lagi yaitu membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan serta menganalisis kompetitor. Salah satu cara membangun hubungan dengan pelanggan adalah dengan membalas komentar mereka. Balasan atas komentar mereka akan menunjukkan bahwa betapa kamu peduli terhadap mereka.

Mempelajari Kompetitor

Kompetitor merupakan rival yang cukup bagus untuk berkaca dan belajar. Misalnya bagaimana mereka memposting produk serta menanggapi pelanggan, dari hal itu kamu bisa mencoba menggunakan metode yang sama dengan cara memodifikasi bentuknya. Dengan menggunakan strategi digital marketing harapannya tingkat penjualan produk bisa berjalan dengan maksimal.

Baca Juga:  Usaha Makanan dengan Modal Kecil yang Mudah Dilakukan