Usaha Ikan Hias 2022, Peluang Bisnis Menjanjikan di Masa Pandemi

Usaha Ikan Hias 2022, Peluang Bisnis Menjanjikan di Masa Pandemi

Usaha ikan hias 2022 merupakan salah satu pilihan ide bisnis modal kecil rumahan. Meski masih musim pandemi Covid 19, tidak ada salahnya Anda mencoba memulai usaha yang minim modal namun maksimal untungnya ini.

5 Tips Memulai Usaha Ikan Hias 2022

Bisnis ikan hias mulai menjadi bisnis yang menjanjikan belakangan ini. Dari para pelaku bisnis diperoleh info bila bisnis tersebut dapat mencapai untung hingga tiga kali lipat modal. Berikut adalah panduan yang dapat Anda gunakan saat akan memulai bisnis ikan hias.

Memiliki Pengetahuan Dasar Merawat dan Memelihara Ikan

Sebelum memulai usaha ikan hias, usahakan Anda sudah memiliki pengetahuan dasar memeliharanya. Hal ini guna meminimalisir terhadap kerugian yang kemungkinan bisa saja terjadi.

Ikan yang mendapat perawatan dengan baik, pasti akan menjadi magnet para pembelinya. Corak dan warna beberapa jenis ikan hias tergantung dari cara perawatannya.

Tentukan Target Pasar

Berada di kelas masyarakat menengah ke bawah, Anda juga bisa memulai usaha ikan hias meski hanya bermodalkan akuarium atau toples kaca. Sebaiknya pilihlah jenis ikan hias yang hidup di air tawar bila target pasar Anda adalah masyarakat menengah ke bawah.

Mengapa? Karena pada umumnya, ikan air tawar tidak memerlukan perawatan yang ribet dan biaya besar. Sebagai contoh adalah ikan cupang dan koki. Keuntungan tambahan lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah:

  • Minim modal, hanya dengan bermodalkan uang Rp 100.000 – Rp 500.000 Anda sudah bisa memulai usaha ikan hias 2022 tersebut.
  • Hemat tempat, ikan-ikan hias bentuknya kecil sehingga tidak memerlukan banyak tempat.
  • Hemat pengeluaran, ikan hias tidak memerlukan tempat khusus yang mengharuskan Anda mengeluarkan sejumlah uang  untuk membuatnya.
  • Banyak peminatnya, segmentasi pembeli ikan hias lebih besar daripada ikan laut. Peminat ikan hias mulai dari usia anak-anak hingga dewasa.
Baca Juga:  Cara Memulai Bisnis Baju dengan Modal Kecil yang Bisa Anda Lakukan

Fokus Pada Satu Jenis Ikan Saja

Sebagai pemula lebih aman jika fokus dulu pada satu jenis ikan. Anda juga akan lebih fokus merawatnya meskipun masih dalam taraf belajar. Pilihlah satu jenis ikan yang mendatangkan banyak keuntungan.

Hal ini lebih baik dibandingkan mencoba memelihara berbagai jenis ikan hias namun Anda masih kebingungan dengan perawatan dan pengembangbiakannya. Bila sudah dirasa mampu, Anda bisa mencoba menambah beberapa jenis ikan hias lainnya.

Memanfaatkan Potensi

Dengan menjalani usaha ikan hias 2022 memungkinkan Anda memanfaatkan potensi lain. Pilihlah potensi usaha yang masih dalam taraf ikan hias juga.

Misalkan, Anda bisa mencoba menyediakan barang-barang yang berkaitan dengan pemeliharaan ikan seperti akuarium, obat-obatan, pakan, hingga bibit. Pembeli pasti akan merasa dimudahkan dengan layanan kios yang lengkap. Bukan tidak mungkin pelanggan juga akan membelinya.

Promosi

Di era milenial ini berbagai kemudahan bisa Anda dapatkan. Strategi pemasaran ikan hias 2022 beserta kelengkapannya bisa Anda unggah melalui media sosial yang Anda miliki.

Berikan deskripsi yang jelas dan usahakan membuat promosi semenarik mungkin perihal ikan hias yang Anda jual. Cantumkan juga lokasi usaha Anda.

Manfaatkan sosial media guna mendapatkan info tempat jual ikan hias yang murah namun berkualitas. Hal ini memungkinkan Anda  bergabung dalam suatu komunitas untuk memperlancar bisnis ikan hias. Bukan tidak mungkin Anda juga bisa menjadi semacam dropship atau reseller jual ikan hias.

Bisnis bukan hanya tentang modal besar saja. Lalu yang terpenting Anda memiliki kemampuan dan kemauan untuk mencoba menjadi pebisnis yang baik. Mulailah mencoba usaha ikan hias 2022 sebelum pesaing-pesaing bisnis serupa bermunculan.